Robusta Kopi terbaik untuk Espresso

ESPRESSO adalah metoda pembuatan kopi yang melibatkan air panas dan ditekan melalui kopi yang sudah digiling halus, dan akan dihasilkan extrak kopi yang pekat dan creamy.

Ayo Buat Minuman mu dengan Kopi Terbaik bersama Kami

Kopi Robusta sebagai dasar Espresso nikmat dicampur susu kental dengan perbandingan 40ml Espresso dan 30ml Susu kental. Resep kopi kesukaan kamu bagaimana?

Espresso

18 Kopi Bubuk grind size halus, tempatkan dalam forta Filter double shot dengan di temping sedikit kerncang. Press dengan mesin espresso.

Americano

Espresso dari hasil yang kamu buat lebih kurang 40 ml, tambah dengan air panas hingga mencapai volume 150-160 ml

Long Black

Espresso 40 ml yang kamu buat tadi, tuangkan kedalam 150ml air panas

Kopi Robusta Wonosobo

Kopi Robusta Terbaik di Jawa Tengah

Kopi Robusta

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika. Robusta menguasai 30% pasar dunia. Kopi ini tersebar di luar Kolumbia, seperti di Indonesia dan Filipina. Robusta cenderung mengeluarkan wangi seperti chocolate, woody (kayu) atau earthy (bau tanah). Jadi bisa dikatakan arabica lebih wangi daripada robusta. Seperti halnya Arabika, Robusta juga mempunyai banyak varietas, diantaranya adalah: Quillou, Uganda, Canephora, dan varietas unggul Robusta KlonBP

Tempat Tumbuhnya Kopi Robusta

Menurut Wiliam Heuw, kopi robusta bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian di bawah 1.000 mdpl (meter di atas permukaan laut). Pohon kopi robusta dapat tumbuh di ketinggian yang rendah, iklim yang panas dengan kondisi air sedikit. Selain itu, pohon kopi robusta cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakti. Para petani kopi lebih gampang menanam dan merawat kopi robusta dibandingkan kopi arabika

Kualitas Biji Kopi Robusta

Kualitas biji kopi robusta dan arabika juga punya tingkatan yang berbeda satu sama lain. Biji kopi arabika dianggap jauh lebih baik dan berkualitas dari biji kopi robusta. Biji kopi arabika cenderung tak tahan hama sehingga harus mendapatkan perawatan ekstra. Rasa kopi arabika cenderung lebih kaya daripada robusta dengan bentuknya yang oval. Rasanya halus dan punya tingkat keasaman yang cukup tinggi dan rendah kafein. Pohon kopi arabika harus ditanam di tanah yang berada di dataran tinggi dengan tingkat pH dalam tanah harus sekitar 5,6. Selain itu tanah yang ada di dataran tinggi juga cenderung lebih gembur sehingga tidak terkontaminasi pestisida. Kondisi seperti itu pula yang dapat menghasilkan biji kopi kualitas bagus (Kompas.com)

Rasa dan Aroma Kopi Robusta

Kopi robusta dan kopi arabika tumbuh dan berkembang di daerah dengan kondisi yang berbeda. Akibatnya biji kopi yang dihasilkan pun ikut berbeda dari segi rasa. Pohon kopi robusta yang tumbuh di daerah dataran rendah dengan iklim panas membuat rasa biji kopinya tidak senikmat biji kopi arabika. Rasa kopi robusta cenderung lebih pahit karena mengandung kafein sebesar 1,7-4 persen. Rasa kopi robusta maupun arabika juga dipengaruhi oleh teknik roasting dan penyeduhan. Proses roasting akan memperkuat dan mengeluarkan karakteristik kopi.

Proses Pengolahan Biji Kopi

Proses pengolahan biji kopi robusta dan arabika berbeda satu sama lain. Hal ini memengaruhi harga jual biji kopi. Biji kopi arabika punya kulit yang sensitif. Hal itu berpengaruh pada proses pengolahan bijinya yang lebih rumit. Rumitnya proses pengolahan biji arabika membuat harganya cenderung lebih mahal. Sementara itu, kopi robusta dalam proses pengolahan bijinya sangat sederhana. Para petani cenderung sering melakukan proses natural untuk biji kopi robusta. Setelah biji kopi robusta dipetik, kemudian akan dikuliti dan dikeringkan pakai oven. Prosesnya mudah sehingga harganya juga lebih murah daripada arabika. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Beda Kopi Robusta dengan Arabika, Daerah Tumbuh sampai Pengolahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/19/143029375/4-beda-kopi-robusta-dengan-arabika-daerah-tumbuh-sampai-pengolahan?page=all. Penulis : Nine Fridayani Editor : Yuharrani Aisyah Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat: Android: https://bit.ly/3g85pkA iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Foto di Salah satu kedai kopi terbaik di Kota Medan

Paket Kopi Robusta

Dapatkan Paket Kopi Robusta dari DJUMA COFFEE - Kopi terbaik dari Wonosobo

DJUMA COFFEE BEAN ROASTED
IDR 70K   /   250Gram
  • 100% Robusta
  • Single Origin Wonosobo
  • Medium to Dark Roasting
  • Dari Biji Kopi Petik Merah
  • Natural Proses
DJUMA GROUND COFFEE
IDR 150K   /   500Gram
  • Giling halus
  • Untuk Espresso dan Tubruk
  • Medium to Dark Roasting
  • 100% Robusta
  • Origin Wonosobo
DJUMA GREEN BEAN
IDR 38K   /   500Gr
  • Petik Merah
  • Natural Process
  • Shortir Biji Baik
  • Siap Roasting
  • 100% Robusta

Masih Bingung Pilih Kopi?
Kami akan menghubungimu!